Minggu, 22 Januari 2012

KONSEP PENDIDIKAN UMUM (GENERAL EDUCATION)


Merupakan pendidikan yang komprehensif, yaitu mendidik kepala, hati, dan tangan dimana sasarannya yaitu rasio, rasa, dan tingkah laku. GENERAL EDUCATION dilatarbelakangi oleh adanya reaksi thd kecendrungan masyarakat modern yang mendewakan produk teknologi dan cenderung mengabaikan nilai-nilai kemenusiaan sebagai akibat dari produk system pendidikan modern yang secular. yaitu pendidikan yang mementingkan pengembangan spesialisasi, sementara itu pengembangan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal nyaris diabaikan. sebagai contoh analisis di Amerika dan Eropa, yang dimana mereka berkesimpulan bahwa yang system pendidikan modern secular telah menghasilkan saintis dan teknokrat yang handal tapi tidak memiliki integritas yang matang. Banyak kasus terjadi di jembatan San Fransisco, dimana disitu banyak orang sukses yang bunuh diri akibat pribadinya yang krang matang  tadi yang berawal dari system pendidikan modern secular.
            Tujuan pendidikan umum menurut Philip H. Phenix (1963:8) yaitu manusia yang memiliki kemempuan dalam menggunakan kata-kata, symbol, isyarat, dapat menerima informasi factual, dapat melakukan dan mengapresiasi objek-objek seni, memiliki kemampuan dan disiplin hidup dalam hubungan dengan dirinya maupun orang lain, cakap dalam mengambil keputusan yang bijaksana, dapat mempertimbangkan antara yang benar dan salah salah serta memiliki pandangan yang integral.
Reaksi terhadap kecenderungan masyarakat modern yang mendewakan produk teknologi dan cenderung mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan. Sebagai akibat dari produk sistem pendidikan modern yang secular yaitu: pendidikan yang mementingkan pengembangan spesialisasi, sementara pengembangan nilai-nilai kemanusiaan yang bersifat universal nyaris terabaikan. Seharusnya, menurut philip h. Pheonix (1964:6), enam pola makna esensial bagi segenap mahasiswa :
a. Makna symbolycs, yaitu kemampuan berbahasa dan berhitung
b. Makna empirics, yaitu kemampuan untuk memaknai benda-benda melalui proses penjelajahan dan penyelidikan empiris
c. Makna esthetics, yaitu kemampuan memaknai keindahan seni dan fenomena alam
d. Makna ethics, yaitu kemampuan memaknai baik dan buruk
e. Makna synoetics, yakni kemampuan berfikir logis, rasional sehingga dapat memaknai benar dan salah
f. Makna synoptic, yaitu kemampuan untuk beragama atau berfilsafat
Keenam pola makna di atas dikemas dalam bentuk general education (pendidikan umum)

Bagaimana general education di indonesia ?
General education / pendidikan umum yang ada di amerika telah dikolaborasi oleh para ahli pendidikan di indonesia menjadi studi/mata kuliah yang dulu disebut mkdu. Mkdu di bagi menjadi dua kelompok yaitu :
a. Mpk (mata kuliah pengembangan kepribadian yang meliputi : pendidikan pancasila, pendidikan agama dan pendidkan kewiraaan nasional)
b. Mbb (mata kuliah berkehidupan bermasyarakat yang meliputi mata kuliah isd, ibd dan iad) dan ibd dan isd melebur menjadi mata kuliah isbd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar