Minggu, 22 Januari 2012

MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BIOLOGI


Nabi muhammad saw, disuruh allah menegaskan bahwa secara biologis ia seperti manusia yang lain. “katakanlah, aku ini manusia biasa (basyar) sepertimu, hanya saja aku diberi wahyu, bahwatuhan mu ialah tuhan yang satu” . Dengan demikian, kata basyar selalu dihubungkan dengan sifat-sifat biologis manusia: makan, minum, seks, dan lain-lain
Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Manusia dikatakan sebagai makhluk biologi, karena pada hakikatnya manusia slalu ditungtut untuk memenuhi kebutuhannya berupa sandang, pangan dan papan. Manusia memilki ciri-ciri sebagai makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk hidup itu dapat diuraikan sebagai berikut:
a. Memerlukan Nutrisi
Manusia memerlukan makanan agar dapat bertahan hidup, tumbuh dan melakukan aktifitas hidup lainnya. Salah satu perbedaan manusia dan binatang dalam mengkonsumsi makanan yaitu manusia mempunyai etika ketika menyantap makananya, memperhatikan aturan agama terhadap apa yang halal untuk dimakan dan apa yang tidak halal untuk dimakan. Tidak seperti hewan yang menyantap apa saja yang ia inginkan.
b. Bernafas
Bernafas merupakan salah satu cirri utama dari makhluk hidup. Udara yang masuk ketika bernafas, digunakan oleh tubuh untuk mengoksidasi makananan yang masuk sehingga dapat diubah menjadi bentuk energy.
c. Iritabilitas
Makhluk hidup memilki respon terhadap perubahan-perubahan yang terjadi disekitarnya. Contohnya, jika suhu tubuh manusia meningkat karena lingkungan sekitarnya yang panas, maka dinding pembuluh darah didalam kulitnya akan melebar.
d. Bergerak
Bergerak merupakan salah satu cirri yang paling mudah untuk diamati
e. Ekskresi
Pengeluaran hasil sisa metabolism tubuh
f. Reproduksi
Manusia memerlukan individu lain yang berebeda kelaminnya untuk melestarikan keturunannya. Seorang laki-laki membutuhkan wanita untuk menghasilkan keturunan melalui proses fertilisasi yaitu bertemunya spermatozoa dengan sel ovum sehingga berkembang menjadi zigot dan menjadi individu baru.
g. Tumbuh
Manusia mengalami suatu proses pertumbuhan. Mulai dari zigot, bayi, balita, anak-anak, remaja, dewasa dan manula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar