Diawali Dengan Mengucapkan “ Bismillaahirrohmaanirrohiim”
Tugas ISBD 2
Materi 1
Pengetahuan adalah sesuatu yang kita ketahui, ilmu adalah
suatu teori yang didapatkan berdasarkan hasil pemikiran seseorang, dimana ilmu
harus bersifat empiris, sistematis, dan metodologis. dalam ilmu social juga ada yang namanya
believe atau kepercayaan.
Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah
filsafat(philosophia). dari filsafat lahir tiga cabang ilmu pengetahuan. Yang
pertama, natural science yaitu ilmu-ilmu yang mengenai fisika, kimia, biologi,
dll. Yang kedua, social science yaitu lmu-ilmu yang meliputi sejarah, politik,
ekonomi, dll. Yang terakhir, Humanities atau ilmu yang meliputi bahasa, agama,
kesenian, dll.
Dalam materi I ini akan menerangkan segala sesuatu hal yang
berkaitan dengan ISBD, mulai dari “apa sih ISBD itu?”, “apa manfaat mempelajari
ISBD?”, dan lain-lain.
1. Pokok-pokok
substansi kajian ISBD
Yaitu sbb:
· Pendahuluan
· Pengertian
ilmu social dan ilmu budaya
· Konsep
General Education
· Konsep
pendidikan umum di Indonesia
· Hakekat dan
ruang lingkup MBB ISBD
· Visi, misi,
dan tujuan MBB ISBD
· Manusia
sebagai makhluk individu, social poleksosbudpsikol
· Masalah
social
· Stratifikasi social
· Kepribadian
(personality)
· Modernisasi,
globalisasi, dan universalisme
· Manusia dan
cinta kasih
· Manusia dan
peradaban
· Manusia dan
pandangan hidup
· Manusia
sains dan teknologi
· Manusia dan
lingkungan
Ilmu budaya adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai
aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk yang
berbudayaObjek Social Science adalah manusia, sedangkan untuk membedakan antara
ilmu-ilmu sisial adalah focus of interest(pusat perhatian).
KONSEP PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
Dalam UU No. 20 tahun 2003 tertulis bahwa fungsi dari
pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
oleh karena itu, dalam penyelenggaraan pendidikan harus dilakukan secara
demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan menjunjung tinggi Ham.
sedangkan tujuan dari pendidikan nasional itu sendiri adalah berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi menusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi WNI yang demokratis dan bertanggung jawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar