Minggu, 22 Januari 2012

materi I ISBD



Diawali Dengan Mengucapkan “ Bismillaahirrohmaanirrohiim”
Tugas ISBD 2
Materi 1
Pengetahuan adalah sesuatu yang kita ketahui, ilmu adalah suatu teori yang didapatkan berdasarkan hasil pemikiran seseorang, dimana ilmu harus bersifat empiris, sistematis, dan metodologis.  dalam ilmu social juga ada yang namanya believe atau kepercayaan.
Sumber dari semua ilmu pengetahuan adalah filsafat(philosophia). dari filsafat lahir tiga cabang ilmu pengetahuan. Yang pertama, natural science yaitu ilmu-ilmu yang mengenai fisika, kimia, biologi, dll. Yang kedua, social science yaitu lmu-ilmu yang meliputi sejarah, politik, ekonomi, dll. Yang terakhir, Humanities atau ilmu yang meliputi bahasa, agama, kesenian, dll.
Dalam materi I ini akan menerangkan segala sesuatu hal yang berkaitan dengan ISBD, mulai dari “apa sih ISBD itu?”, “apa manfaat mempelajari ISBD?”,  dan lain-lain.
1.      Pokok-pokok substansi kajian ISBD
Yaitu sbb:
·         Pendahuluan
·         Pengertian ilmu social dan ilmu budaya
·         Konsep General Education
·         Konsep pendidikan umum di Indonesia
·         Hakekat dan ruang lingkup MBB ISBD
·         Visi, misi, dan tujuan MBB ISBD
·         Manusia sebagai makhluk individu, social poleksosbudpsikol
·         Masalah social
·         Stratifikasi social
·         Kepribadian (personality)
·         Modernisasi, globalisasi, dan universalisme
·         Manusia dan cinta kasih
·         Manusia dan peradaban
·         Manusia dan pandangan hidup
·         Manusia sains dan teknologi
·         Manusia dan lingkungan

Ilmu budaya adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk yang berbudayaObjek Social Science adalah manusia, sedangkan untuk membedakan antara ilmu-ilmu sisial adalah focus of interest(pusat perhatian).

KONSEP PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
Dalam UU No. 20 tahun 2003 tertulis bahwa fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. oleh karena itu, dalam penyelenggaraan pendidikan harus dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan menjunjung tinggi Ham. sedangkan tujuan dari pendidikan nasional itu sendiri adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi menusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi WNI yang demokratis dan bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar